Junk Food
Created by meganusa

5 Tips Mengurangi Kecanduan Terhadap Makan Junk Food

Diposting pada

Junk food adalah makanan atau minuman ultra-olahan, contohnya seperti makanan cepat saji, soda, dan makanan ringan asin, permen, kue kering keripik.

Meskipun tidak ada salahnya menikmati makanan favorit Anda dari waktu ke waktu, seperti makanan yang dipanggang, es krim, dan keripik, mie instan. Akan  tidak boleh menjadi bagian rutin dari diri anda, karena mengonsumsinya terlalu sering dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental Anda.

Misalnya, pola makan tinggi junk food dikaitkan dengan kondisi seperti obesitas, perlemakan hati, gula darah tinggi, depresi, penyakit jantung, dan kanker tertentu. Berikut artikel di bawah ini akan memberikan anda 5 tips mengurangi kecanduan makan Junk Food.

Masak Lebih Banyak Makanan di Rumah

Dengan memasakan lebih banyak makanan di rumah dapat membantu mengurangi kecanduan makan junk food. Seringkali, orang memilih makanan ringan, seperti minuman kopi manis, donat, dan makanan cepat saji, ketika mereka sedang bepergian dan tidak punya pilihan makanan atau camilan lain.

Memasak lebih banyak di rumah, termasuk menyiapkan makanan, dapat membantu mengurangi ketergantungan Anda pada makanan siap saji dan memastikan Anda selalu memiliki makanan atau camilan sehat.

Makan Lebih Banyak Protein

Protein merupakan nutrisi yang peling berperan dalam mengenyangkan serta mempunyai efek kuat pada asupan makanan dan pilihan makanan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein adalah cara efektif untuk mengurangi ngemil dan mencegah makan berlebihan, sehingga dapat membantu Anda mengurangi asupan junk food.

Para peneliti juga menemukan bahwa mengikuti pola makan dengan lebih banyak mengonsumsi protein membantu meningkatkan pengendalian pola makan sekaligus mengurangi rasa lapar dan rasa malu, yang mengacu pada hilangnya kendali kecenderungan makan berlebihan disuguhi makanan sangat enak seperti makan junk food.

Makan Lebih Banyak Makanan Mengenyangkan

Jika Anda kesulitan dengan pola makan dan pilihan makanan, mempelajari lebih lanjut tentang pengaruh makanan tertentu terhadap tubuh dan tingkat kelaparan dapat membantu Anda mengembangkan rencana makan yang lebih sehat dan mengurangi asupan junk food.

Kebanyakan junk food tinggi kalori namun rendah nutrisi yang mengenyangkan, seperti serat, protein, dan lemak sehat. Protein dan serat sangat penting untuk rasa kenyang, karena membantu tubuh Anda merasa kenyang setelah makan.

Tidur yang Cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan, dan mengurangi kualitas tidur tubuh Anda dapat berdampak negatif pada pilihan makanan Anda dan meningkatkan keinginan Anda untuk makan junk food.

Penelitian menemukan bahwasannya kurang tidur dan pola tidur yang tidak teratur dapat meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan, seperti makana makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak seperti junk food.

Kelola Stres Anda

Stres dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental Anda dan bahkan dapat memengaruhi pilihan makanan Anda. Meskipun tidak mungkin menghindari segala bentuk stres, mengembangkan praktik manajemen stres yang sehat dapat membantu Anda mengurangi asupan junk food.

Faktanya stress mempengaruhi hormon yang mengatur perilaku makan dan pilihan makanan, seperti kortisol. Menariknya, saat stres akut atau jangka pendek, nafsu makan Anda biasanya tertekan. Stres kronis pada umumnya mendorong akan tingkatan nafsu makan dan konsumsi makanan seperti junk food.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *