Kickboxing
Created by Meganusa

5 Manfaat Berolahraga Kickboxing yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Diposting pada

Kickboxing, merupakan olahraga beladiri yang menggabungkan tinju dengan tendangan, kickboxing dipengaruhi oleh beberapa seni bela diri, daintaranya karate, tinju Thailand, tae kwon do, dan kung fu.  Kickboxing ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh, berikut di bawah ini terdapat 5 manfaat berolahraga kickboxing yang sangat baik untuk kesehatan.

Meningkatkan Tingkat Kebugaran

Kickboxing adalah latihan intens yang menantang tubuh Anda dalam beberapa cara. Namun manfaatnya sangat signifikan, terutama jika menyangkut kebugaran, kekuatan, dan kekuatan Anda secara keseluruhan. Kickboxing membantu meningkatkan fleksibilitas, kebugaran, kekuatan, dan kelincahan mereka. Kickboxing juga meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan bawah sekitar 7%.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak ada keraguan bahwa kickboxing akan membuat jantung Anda terpompa dan memberikan latihan yang sama besarnya dengan seluruh tubuh Anda. Akibatnya, semua lompatan, tendangan, dan pukulan ini akan meningkatkan daya tahan Anda secara keseluruhan dan membuat jantung Anda lebih efisien.

Dalam sebuah studi di Biology of Sport, para peneliti menemukan bahwa kickboxing membangun daya tahan kardiovaskular Anda. Meskipun ada beberapa variasi di antara peserta penelitian, mereka mencatat bahwa para kickboxer cenderung memiliki daya tahan kardiorespirasi yang kuat. Memiliki tingkat kardio-pernapasan yang sangat baik seperti ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Semua pukulan dan tendangan di kelas kickboxing menuntut Anda memiliki keseimbangan dan koordinasi tangan-mata. Selain itu, Anda akan mengubah arah dengan cukup cepat. Gerakan cepat ini mengaktifkan kelompok otot yang berbeda yang pada akhirnya membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi Anda.

Meredakan Stres dan Kecemasan

Seperti yang kita ketahui olahraga memang dapat membantu, meredakan stress dan rasa cemas, hal ini juga berlaku pada kickboxing. Hidup bisa menjadi sangat membebani dan membuat stres, namun Anda mungkin mendapati bahwa kickboxing dapat memberikan kelegaan yang Anda cari. Para peneliti menemukan bahwa latihan gaya tinju dapat mengurangi perasaan cemas, depresi, dan marah.

Meningkatkan Kesehatan Otot dan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tidak jarang kita mengalami pengeroposan otot dan perubahan kesehatan tulang, terutama jika Anda tidak rutin berolahraga atau sedang menderita penyakit yang berdampak pada otot dan tulang Anda. Namun kickboxing secara rutin mungkin dapat membalikkan beberapa efek tersebut.

Setelah program pelatihan kickboxing selama 12 minggu, para peneliti mencatat bahwa orang dewasa berusia antara 50 dan 85 tahun menunjukkan peningkatan dalam parameter sarcopenic dalam hal kekuatan dan fungsi otot, meskipun massa otot mereka tetap sama. Sarcopenia adalah hilangnya massa dan kekuatan otot yang tidak disengaja dan berkaitan dengan usia. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam penanda osteoporosis, yang menunjukkan bahwa kickboxing juga memiliki efek positif pada kesehatan tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *