Jogging
Created by meganusa

5 Manfaat Luar Biasa Dari jogging Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Anda pasti tahu betapa pentingnya berolahraga, namun kerap kali malas dilakukan karena malas, lelah, dan rumit. Namun sebenernya hanya dengan jogging saja sudah memiliki banyak manfaat. Tak perlu susah-susah melakukan Gerakan yang rumit, berikut artikel di bawah ini akan membahas mengenai 5 manfaat luar biasa dari jogging yang wajib anda ketahui.

Jogging adalah jenis lari yang dilakukan dengan kecepatan lambat dan stabil, biasanya kurang dari enam mil per jam. Oleh karena itu, meskipun joging tidak terlalu berat dibandingkan lari, namun lebih sulit dibandingkan berjalan kaki. Tujuan jogging adalah untuk menjaga kecepatan yang konsisten sepanjang latihan tanpa memberikan terlalu banyak tekanan pada tubuh. Karena joging tidak terlalu menimbulkan stres pada tubuh dibandingkan lari, maka joging dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama.

1. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Sistem kardiovaskular, yang mencakup jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, merupakan dampak jogging yang paling terlihat pada tubuh. Anda mungkin sadar bahwa saat berolahraga, tubuh Anda merespons dengan meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan untuk memenuhi tuntutan aktivitas.

 Tujuannya adalah untuk tetap menyediakan darah kaya oksigen ke otot-otot yang bekerja sehingga dapat digunakan sebagai energi. Peningkatan ini juga akan memungkinkan produk limbah seperti karbon dioksida dikeluarkan dari tubuh. Kekuatan dan fungsi sistem kardiovaskular, terutama detak jantung istirahat Anda, meningkat bila Anda jogging secara teratur.

2. Membangun kekuatan otot

Untuk melakukan gerakan-gerakan yang diperlukan untuk berlari, beberapa otot harus berkontraksi secara teratur. Otot bokong, paha depan, paha belakang, dan betis adalah otot-otot ekstremitas bawah yang terutama bertanggung jawab untuk pergerakan.

Saat kaki mendorong maju mundur, otot inti dan tubuh bagian atas harus aktif untuk memutar dan menstabilkan batang tubuh. Berlari secara teratur akan memberi tekanan pada otot-otot ini, memaksanya beradaptasi dan tumbuh lebih kuat. Kekuatan otot akan memberikan efek positif pada cara Anda bergerak dan mengurangi kemungkinan cedera.

3. Meningkatkan daya tahan otot

Daya tahan otot mengacu pada kemampuan otot untuk melakukan kontraksi berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat. Untuk menjaga kecepatan lari, otot harus mampu berkontraksi secara terus menerus.

Otot akan mulai beradaptasi dan daya tahannya akan meningkat dengan lari yang teratur. Karena latihan lari sering kali berdurasi lama tetapi intensitasnya rendah, latihan lari sangat bermanfaat untuk membangun daya tahan otot.

4. Tulang lebih kuat

Berlari memengaruhi kepadatan tulang serta kekuatan dan daya tahan otot. Banyaknya mineral dalam tulang disebut kepadatan tulang, dan kepadatan tulang yang tinggi meningkatkan kekuatan tulang.

Efek menendang kaki saat berlari sering kali terbukti membantu meningkatkan kepadatan tulang dalam penelitian. Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa lari meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis seperti osteoporosis.

5. Membantu penurunan berat badan

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mencapai keseimbangan energi negatif, yang berarti mengeluarkan lebih banyak kalori setiap hari daripada yang Anda konsumsi. Mempertahankan keseimbangan energi negatif menyebabkan tubuh memecah lemak tubuh untuk menyediakan pasokan energi yang konstan.

Meskipun nutrisi berperan penting dalam keseimbangan energi negatif, olahraga seperti jogging akan membakar banyak kalori sehingga membantu penurunan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *