Begadang
Created by meganusa

5 Dampak Negatif Begadang Bagi Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Apakah Anda termasuk orang yang suka larut malam atau begadang? Ternyata kebiasaan malam hari Anda, termasuk begadang, bisa berdampak negatif terhadap kesehatan Anda.

Para ahli juga menjelasakan bahawa orang yang melakukan kerja shift memilikii risiko lebih besar terkena masalah kesehatan. Berikut artikel di bawah ini akan membahas 5 dampak negatif begadang bagi tubuh yang wajib anda ketahui.

Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita terkait erat dengan kecenderungan siklus tidur dan bangun – ritme sirkadian. Ritme sirkadian alami diprogram untuk 12 jam terang dan 12 jam gelap. Ketika jam internal tubuh ini dipermainkan, sistem kekebalan tubuh kita akan menderita.

Masalah Pada Otak

Saat Anda tidur, tekanan darah Anda turun. Namun, proses alami ini tidak terjadi jika Anda begadang semalaman. Pada gilirannya, sistem saraf simpatik Anda diaktifkan di malam hari, menyebabkan stres.

Tidur juga membantu membersihkan zat beracun seperti protein beta-amiloid. Hal ini ditemukan pada pasien demensia dan memperburuk fungsi kognitif mereka. Dapat disimpulkan bahwa gangguan tidur dapat berdampak antara lain pada kinerja kognitif, kemampuan bereaksi, memperhatikan, dan mengingat.


Dampak begadang dapat menurunkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, dan konsentrasi. Kemampuan memperhatikan sesuatu dan tingkat kewaspadaan juga akan menurun. Kesulitan fokus juga seringkali dapat menyebabkan kecelakaan saat mengemudi atau bekerja.

Masalah Pada Kulit

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan beberapa masalah yang berhubungan dengan kulit, terutama di sekitar mata dan mulut. Hal ini mungkin disebabkan oleh kelelahan yang menyebabkan kelopak mata dan sudut mulut terkulai.

Orang yang tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap hari memiliki fungsi pelindung kulit yang lebih baik dan puas dengan daya tarik fisiknya, dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari lima jam sehari.

Peningkatan risiko gangguan mental

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering begadang lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak dan juga gangguan tidur berupa insomnia. Dalam jangka panjang, efek begadang bisa meningkatkan risiko gangguan mental, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Risiko ini juga akan meningkat jika Anda memiliki kebiasaan tidak sehat, seperti sering merokok, jarang berolahraga, sering stres, dan tidak menjaga pola maka

Kesulitan Berkonsentrasi

Bahaya begadang bagi tubuh yang juga dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi. Tidur yang cukup dapat bermanfaat untuk proses berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat menurunkan kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan kemampuan memecahkan masalah. Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa menurunkan daya ingat seseoran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *