Bulu Tangkis
Created by meganusa

Manfaat Berolahraga  Bulu Tangkis Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Bulutangkis merupakan olahraga populer yang dapat dimainkan oleh segala usia dan tingkat kebugaran. Tidak hanya memberikan cara untuk tetap aktif dan membakar kalori, tetapi juga berfungsi sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Perlu anda ketahui berolahraga bulutangkis dengan konsisten ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk peningkatan pada kesehatan . Berikut artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat berolahraga bulu tangkis bagi kesehatan yang wajib diketahui.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bulutangkis merupakan olahraga serba cepat,  sehingga ada kemungkinan detak jantung Anda akan meningkat. Dengan melakukan olahraga bulu tangkis ini, sistem kardiovaskular akan bekerja dengan lebih baik. Tidak hanya membangun daya tahan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bulu tangkis menuntut mereka yang memainkannya untuk dapat melakukan perubahan arah dengan cepat serta  menuntuk anda melompat dengan eksplosif. Anda juga cenderung menggunakan seluruh tubuh saat bermain. Jenis gerakan ini memberi tekanan pada tulang Anda, merangsang pertumbuhan dan penguatan tulang. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan peningkatan kepadatan dan kekuatan tulang.

Meningkatkan Koordinasi Tangan-Mata dan Waktu Reaksi

Bulutangkis adalah permainan cepat dengan shuttlecock (atau birdie) yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Untuk bermain dengan baik, Anda memerlukan koordinasi tangan-mata yang baik, waktu reaksi yang cepat, kemampuan konsentrasi yang kuat, dan kemampuan untuk tetap waspada. Sekalipun Anda tidak unggul dalam semua bidang ini pada awalnya, hal itu akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Ditambah lagi, bulutangkis tidak seperti tenis. Anda tidak bisa membiarkan shuttlecock memantul satu kali seperti yang Anda lakukan di tenis. Sebaliknya, Anda harus bersiap untuk segera mengembalikannya. Oleh karena itu, tidak ada waktu ekstra untuk memikirkan pukulan balasan, hanya perlu bereaksi dan bereaksi dengan cepat.

Oleh karena itu, gerak maju mundur yang cepat ini memerlukan refleks yang tajam dan waktu reaksi yang cepat. Mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan ini juga akan membantu Anda dalam bidang lain dalam hidup Anda.

Mengurangi Kemungkinan Penyakit Kronis

Olahraga yang konsisten merupakan faktor pencegahan penting untuk penyakit kronis seperti diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik terstruktur selama 150 menit per minggu dapat mencegah atau menunda timbulnya diabetes tipe 2 pada individu yang berisiko.

Hal ini sangat mudah dilakukan dengan bermain bulutangkis, terutama karena permainan biasanya berlangsung sekitar 40 menit hingga satu jam.

Mendorong Keseimbangan, Koordinasi, dan Ketangkasan

Untuk bermain bulu tangkis, Anda memerlukan keseimbangan dan koordinasi. Anda tidak hanya harus bisa mengubah arah dengan cepat, tetapi Anda juga harus bisa tetap berdiri saat melakukannya.

Sekalipun Anda tidak memiliki keseimbangan dan koordinasi terbaik saat memulai, Anda akan membangun keterampilan di bidang ini yang dapat bermanfaat dalam mencegah jatuh dan memperbaiki postur tubuh Anda.

Anda juga akan melihat peningkatan dalam kelincahan dan koordinasi otot. Hal ini dapat diterjemahkan ke dalam aktivitas fungsional sehari-hari sehingga memudahkan Anda melakukan gerakan-gerakan yang merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *