Minum Air
Created by meganusa

Dampak Bahaya Kurang Minum Air Putih yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Air merupakan komponen yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun seringkali banyak yang mengabaikan dan menganggap remeh, apalagi mereka yang sibuk berkativitas menjadi kurang memperhatikan konsumsi air putih. Padahal kurang minum air putih dapat membahayakan kesehatan. Berikut artikel di bawah ini akan membahas mengenai dampak bahaya kurang minum air putih yang wajib anda ketahui.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang kurang minum air putih. Gejala dehidrasi antara lain rasa haus berlebihan, kulit kering, sakit kepala, kelelahan, dan kebingungan. Bahkan dehidrasi yang parah dapat menyebabkan masalah hingga kematian.  Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari bahaya dehidrasi.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh

Saat kita tidur, tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri, sehingga sistem kekebalan tubuh kita bekerja keras. Agar daya tahan tubuh kita tetap kuat dan tidak mudah melemah, kita harus memberinya energi dengan minum air putih.

Kesulitan fokus

Otak kita terdiri dari 73% air, sehingga tentunya kita membutuhkan asupan air yang cukup agar kita tetap fokus terutama di pagi hari. Jika kita bisa fokus di pagi hari, tentu kita akan lebih mudah menjalani hari sepanjang hari.

Sembelit

Akibat kurang minum air putih, bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Pasalnya, air putih membantu melancarkan sistem pencernaan. Kurang minum air putih atau cairan lain dapat menghambat kelancaran proses ini. Salah satu dampaknya adalah sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

Infeksi kandung kemih

Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum air putih. Gejala infeksi kandung kemih bisa berupa suhu tubuh sedikit meningkat, nyeri saat buang air kecil, rasa tidak bisa menahan buang air kecil, nyeri tekan di atas tulang kemaluan, bahkan mungkin terdapat darah pada urin.

Wanita disarankan untuk memperbanyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dibandingkan pria. Minum banyak air dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Kram otot

Akibat kurang minum air putih, apalagi setelah berolahraga atau beraktivitas fisik, adalah kram otot. Berkeringat dapat menyebabkan penurunan volume plasma darah dan kadar elektrolit seperti natrium dan kalium. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih atau cairan lain, seseorang rentan mengalami kram otot.

Merasa lelah

Salah satu permasalahan kurang minum air putih adalah tubuh terasa lelah bahkan lemas. Hal ini terjadi ketika tubuh mengalami dehidrasi. Sebab, cairan bermanfaat mengurangi kemampuan tubuh dalam mengedarkan darah dari pembuluh darah ke organ tubuh.

Ketika darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi tidak dapat berfungsi dengan baik, tentu tubuh tidak dapat berfungsi secara maksimal. Otak tidak dapat mengirimkan sinyal seperti biasanya sehingga menyebabkan pikiran berkabut dan kelelahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *