Belimbing
Created by meganusa

Manfaat Buah Belimbing yang Luar Biasa Untuk Tubuh

Diposting pada

Buah Belimbing merupakan Buah asam manis ini secara ilmiah dikenal dengan nama Averrhoa Belimbing. Kulit buah berbentuk bintang ini sehingga memiliki nama star fruit dalam bahasa inggris,  bisa dimakan dan kaya akan mineral. Karena nilai gizinya, Belimbing juga menjadi populer di negara-negara barat. Berikut artikel di bawah ini akan membahas mengenai apa saja manfaat buah belimbing yang luar biasa untuk tubuh.

Membantu Penurunan Berat Badan

Dengan jumlah kalori per buah yang sedikit, camilan tropis ini tidak akan mengganggu target kalori Anda, jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini kaya akan serat dan nutrisi lain yang dapat mempercepat metabolisme, sehingga dapat membantu mendukung upaya Anda untuk menurunkan berat badan. Serat juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga menurunkan kemungkinan Anda makan berlebihan atau ngemil di antara waktu makan.

Menyeimbangkan Tekanan Darah

Dengan jumlah kalsium yang moderat, belimbing dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Dengan menghilangkan hipertensi, jantung Anda akan dapat beristirahat, sirkulasi dapat berjalan lebih efektif, dan keseimbangan cairan dalam tubuh Anda akan tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Masalah yang terkait dengan kesehatan jantung memang membuat stres. Oleh karena itu, Anda perlu memasukkan makanan kaya kalium ke dalam makanan Anda. Jumlah mineral yang cukup dalam tubuh Anda diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, potasium dapat secara efektif mengontrol tingkat tekanan darah yang berkontribusi terhadap masalah kardiovaskular.

Antimikroba

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Belimbing wuluh mengandung sifat antimikroba. Ia berpotensi untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh salmonella tifus, e-Coli, Bacillus cereus, atau patogen jahat. Ketika tubuh Anda terlindungi dari efek berbahaya dari bakteri mikro ini, kecil kemungkinan Anda terkena infeksi usus besar. Sifat-sifat yang ditemukan dalam Belimbing dikatakan dapat melawan faktor-faktor yang berhubungan dengan kanker usus besar. Namun, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan mengenai hal ini.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memasukkan antioksidan ke dalam rutinitas Anda diperlukan untuk menjaga kekebalan yang kuat. Diperkaya dengan vitamin C, Belimbing merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kondisi sistem kekebalan tubuh Anda. Antioksidan berfungsi untuk meringankan faktor-faktor seperti infeksi, radikal bebas, racun, dan sel kanker. Oleh karena itu, konsumsilah beberapa potongan Belimbing wuluh segar dan jaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Batuk

Vitamin dan mineral yang terdapat pada Belimbing wuluh dapat mengobati batuk dan iritasi akibat batuk terus-menerus. Ahli gizi merekomendasikan untuk memasukkan buah lezat ini jika sedang flu juga. Konsumsi Belimbing dalam jumlah sedang dapat mengatasi kedua masalah kesehatan tersebut. Namun, penderita demam tinggi sebaiknya menghindarinya. Selain itu, nutrisi yang terdapat pada buah tropis juga dipercaya dapat berfungsi sebagai ekspektoran dan diuretik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *