Kecemasan
Created by meganusa

5 Cara yang Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Kecemasan

Diposting pada

Kadang-kadang perasaan cemas atau khawatir dapat dianggap sebagai respons normal terhadap situasi stress. Akan tetapi perasaan cemas ini apabila semakin parah hingga menjadi berlebihan. , terus-menerus, dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Selain Itu juga mencakup gejala fisik kecemasan, seperti berkeringat, detak jantung cepat, atau sesak napas.

Penyebab gangguan kecemasan sangat kompleks dan kemungkinan besar berasal dari gabungan faktor genetik, lingkungan, dan psikologis. Meskipun gangguan kecemasan belum tentu dapat dicegah, ada strategi penanggulangan yang dapat Anda terapkan dan dapat Anda coba. Berikut artikel di bawah ini akan membahas mengenai 5 cara yang dapat memnbantu  mengatasi gangguan kecemasan.

Tidur yang cukup

Kecemasan dan tidur memiliki hubungan yang rumit. Penelitian mengunggkapkan bahwa kecemasan dapat disebabkan kurang tidur, dan kurang tidur dapat memicu kecemasan.

Untuk membantu menghentikan siklus ini, perbaikilah kebiasaan tidur Anda saat ini. ingatlah bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, serta perbaikan suasana hati dan pengurangan stres.

Batasi Alkohol dan Kafein

Alcohol dan kafein memiliki dapat mempemngaruhi tidur serta suasana hati. Oleh karena itu para ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi alkohol dan kafein untuk mengurangi risiko yang dapat memicu gangguang kecemasan.

Namun, ketika ingin mengurangi konsumsi kafein, ingatlah bahwa Anda mungkin mengalami beberapa gejala penarikan diri selama proses tersebut. Mungkin membantu mengalihkan fokus Anda untuk tetap terhidrasi dengan minum air sepanjang hari. Penelitian menemukan bahwa minum air putih dikaitkan dengan penurunan risiko kecemasan dan depresi pada orang dewasa.

Makanlah Makanan yang Seimbang

Apa yang Anda makan dapat memengaruhi perasaan Anda. Dan jika menyangkut gejala kecemasan, menjaga kadar gula darah tetap teratur dapat memberikan perbedaan positif yang besar.

Para peneliti telah menemukan bahwa pola makan tinggi makanan olahan, berlemak, dan bergula lebih mungkin memicu kecemasan dibandingkan dengan pola makan kaya protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, buah-buahan, dan sayuran.

Perbaikan gejala kecemasan dapat terlihat cukup cepat setelah melakukan perubahan pola makan. Setelah mengikuti rencana makan yang seimbang, beberapa peserta penelitian melaporkan tingkat kecemasan yang lebih rendah dalam waktu satu bulan.

Praktekkan Perawatan Diri

Luangkan waktu untuk melakukan perawatan diri secara teratur, karena hal ini dapat membantu meringankan gejala kecemasan. Perawatan diri dapat berbeda beda tergantung orangnya. Mungkin saja bagi anda perawatan diri bisa berarti menyisihkan waktu untuk aktivitas menyenangkan dan strategi relaksasi, mengobrol dengan teman, dipijat, atau membuat jurnal dan lain lain.

Meditasi

Dengan menjernihkan pikiran Anda ke keadaan relaksasi yang mendalam, meditasi dan pernapasan dalam yang disengaja dapat membantu mengurangi gejala kecemasan bagi orang-orang dengan gangguan kecemasan.

Salah satu jenis meditasi yang terbukti mengurangi kecemasan adalah gambaran mental yang dipandu. Ini juga dapat disebut sebagai meditasi terbimbing, visualisasi, latihan mental, atau self-hypnosis terbimbing. Citraan mental terpandu biasanya melibatkan gambaran situasi, tugas, atau peristiwa di masa depan dengan cara yang positif sehingga ketika hal itu benar-benar terjadi, Anda merasa lebih siap dan nyaman.

Banyak ahli kesehatan mental yang dapat membantu dengan meditasi terpandu. Anda bahkan mungkin dapat menemukan sumber daya online atau aplikasi yang menurut Anda dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *