Manfaat Jogging
Created by meganusa

Manfaat Utama Jogging Agar Tetap Bugar dan Sehat

Diposting pada

Olahraga teratur memiliki dampak besar pada kesejahteraan kita secara keseluruhan, seperti yang kita semua tahu. Termasuk jogging, yakni berlari kecepatan lebih lambat. Gerakan sederhana ini memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Oleh karena itu artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat utama agar tetap bugar dan sehat.

 Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lari diketahui dapat meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan telah terbukti sangat responsif terhadap olahraga dalam penelitian yang mengamati dampak olahraga teratur terhadap kekebalan.

Olahraga dapat meningkatkan produksi limfosit dan makrofag, yang menyerang zat asing di dalam tubuh untuk melawan penyakit atau infeksi. Meskipun memperkuat sistem kekebalan tubuh tidak serta merta mengurangi kemungkinan terserang pilek atau flu, hal ini memengaruhi waktu yang diperlukan untuk pulih dari penyakit tersebut.

Pemulihan Aktif

Jogging dapat membantu Anda pulih lebih cepat setelah sesi olahraga yang intens. Otot-otot tubuh Anda mungkin mengalami nyeri otot yang tertunda setelah sesi latihan intensitas tinggi atau lari berat.

Ini bisa melemahkan selama beberapa hari setelah latihan sementara tubuh Anda pulih. Pemulihan aktif, yaitu teknik untuk mempercepat pemulihan, bisa sangat bermanfaat. Pemulihan aktif adalah aktivitas berintensitas rendah yang meningkatkan sirkulasi darah kaya oksigen ke otot-otot yang kelelahan, sehingga mempercepat pemulihan dan meminimalkan ketidaknyamanan. Karena jogging merupakan olahraga dengan intensitas rendah, maka dapat digunakan sebagai terapi pemulihan aktif.

Mengurangi resiko penyakit

Jogging juga dapat meningkatkan kesehatan jantung serta kekuatan otot dan tulang. Menjaga kebugaran kardiovaskular telah terbukti mengurangi risiko berbagai gangguan jantung, seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Olahraga teratur membantu membangun otot dan tulang yang kuat, mengurangi risiko penyakit pengecilan muskuloskeletal.

Tidur lebih nyenyak

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat Anda tidur, tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri, itulah sebabnya Anda merasa segar saat bangun. Namun, usahakan untuk tidak berlari terlalu larut di siang hari.

Hal ini dapat membuat Anda sulit mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Endorfin, yang membantu mengurangi rasa sakit dan ketegangan, dilepaskan selama aktivitas aerobik. Ini merangsang otak dan mungkin membuat Anda tetap terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat terakhir dari jogging juga dapat meningkatkan kesehatan mental.  Jogging secara rutin telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kesehatan mental dan mencegah timbulnya penyakit mental. Jika menyangkut masalah kesehatan mental seperti kesedihan dan kecemasan, lari dapat membantu meringankan gejalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *