udang
Created by meganusa

Wajib diketahui, Inilah 5 Manfaat Udang yang Mengesankan untuk Kesehatan

Diposting pada

Udang merupakan salah satu makanan laut yang banyak digemari, selain itu udang  dikemas dengan kebaikan yang menyehatkan. Selain itu, kemudahan memasukkannya ke dalam berbagai makanan membuat konsumsinya menjadi mudah, baik Anda lebih suka menggoreng, memanggang, atau bahkan menumis dengan berbagai sayuran.

Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat udang yang mengesankan untuk kesehatan. Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Udang Dapat Menghentikan Rambut Rontok

Banyak pria dan wanita mengalami kerontokan rambut yang seharusnya tidak terjadi, karena mereka tidak memiliki sifat genetik. Dalam kasus ini, hal ini dapat disimpulkan sebagai pola makan yang buruk dan paparan lingkungan, yang dapat diatasi dengan cukup mudah.

Secara khusus, kekurangan seng telah ditemukan menjadi penyebab utama kerontokan rambut yang mungkin akan segera hilang setelah kekurangan tersebut teratasi. Dengan meningkatkan konsumsi udang dalam makanan Anda, kebutuhan zinc Anda akan terpenuhi dengan mudah, karena makanan laut adalah salah satu sumber zinc terkaya di bumi ini.

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme secara keseluruhan, dengan hormon tiroid sebagai ekspor utamanya. Hormon tiroid memerlukan yodium untuk sintesis yang cukup, namun jutaan orang masih belum mengonsumsi cukup mineral penting ini.

Ekspresi hormon tiroid yang tertekan menyebabkan pemanfaatan kalori menjadi lebih lambat karena metabolisme menjadi terhambat. Hal ini menciptakan skenario penambahan berat badan, meskipun pola makannya mungkin terlihat sama dari segi kalori. Udang mengandung lebih dari cukup Yodium, untuk membantu menjaga fungsi tiroid tetap optimal.

Mengurangi Keparahan Kram Menstruasi

Meskipun ada banyak faktor yang dapat menentukan tingkat keparahan kram menstruasi, peradangan terbukti berperan. Lemak omega-6 bersifat pro-inflamasi dan cenderung memperburuk rasa sakit. Namun, udang mengandung lebih banyak asam lemak omega-3, yang bersifat anti-inflamasi dan memiliki efek penyeimbang omega-6.

Makanan laut pada umumnya lebih kaya lemak omega-3 dibandingkan daging yang berasal dari darat, jadi bantulah diri Anda sendiri dan makan lebih banyak omega-3. Tubuh Anda berfungsi paling baik bila Anda mengonsumsi lebih banyak lemak omega-3.

Dapat Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Ketika orang berpikir untuk meningkatkan jumlah darahnya, zat besi adalah mineral pertama yang terlintas dalam pikiran. Meskipun zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin, ada nutrisi penting lainnya yang secara langsung meningkatkan produksi sel darah merah.

Ini termasuk Vitamin A, dan Vitamin B12. Vitamin A berperan dalam membantu sel induk berdiferensiasi menjadi sel darah merah, karena sel induk dapat menjadi sel apa pun. B-12 berfungsi bersama dengan zat besi untuk membentuk hemoglobin, meningkatkan potensi membawa oksigen.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Ketika berbicara tentang makanan yang meningkatkan kekuatan dan pembangunan kembali tulang, udang bukanlah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Orang cenderung memikirkan makanan berbahan dasar susu terlebih dahulu, namun hal ini sebenarnya bisa dianggap sebuah kesalahan.

Udang mengandung hampir semua nutrisi penting pembentuk tulang, termasuk kalsium, magnesium, seng, fosfor, dan vitamin D.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *