Madu kayu manis
Created by meganusa

Manfaat Madu dan Kayu Manis yang Mengesankan

Diposting pada

Anda pasti tahu mengenai khasiat dari kayu manis dan madu, namun pernahkah anda memikirkan bagaimana jika kedua obat herbal ini dikombinasikan? Berikut artikel di bawah ini akan membahas mengenai manfaat madu dan kayu manis yang mengesankan.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Madu mengandung banyak senyawa polifenol alami yang sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit jantung karena mengurangi kerusakan oksidatif pada pembuluh darah dan mencegah penyempitannya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Iran juga menemukan bahwa madu mungkin dapat mengatasi irama jantung yang tidak teratur.

Kayu manis diyakini berkontribusi pada potensi kombinasi ini dengan mengendalikan kadar glukosa darah, yang bila meningkat, seringkali juga menyebabkan kadar lipid abnormal. Peningkatan lipid adalah indikator kuat kemungkinan penyakit jantung di masa depan.

Meningkatkan Kesehatan Mulut

Kayu manis dan madu adalah kombinasi alami yang efektif untuk menjaga kesehatan mulut, berkat sifat antimikrobanya. Kombinasi ini dapat diaplikasikan ke seluruh mulut dengan cara diseka dengan jari, atau bahkan dapat diencerkan sedikit untuk dijadikan obat kumur alami. Orang yang menggunakan kombinasi ini sering melaporkan penurunan insiden timbunan plak dan penyakit gusi gingivitis hingga 35%. Digunakan dalam kombinasi dengan oil pulling, madu dan kayu manis mungkin merupakan solusi alami terbaik untuk meningkatkan kesehatan mulut.

Pengobatan Alergi

Konsumsi madu terbukti berhubungan positif dengan berkurangnya frekuensi alergi, karena madu mengandung sedikit serbuk sari itu sendiri. Serbuk sari adalah pemicu alergi lama, yang dapat digunakan untuk menurunkan sensitivitas seseorang secara perlahan selama berbulan-bulan. Penambahan kayu manis membantu mencegah peradangan pada saluran napas, yang dapat memicu bronkospasme dan asma pada individu yang rentan.

Mengelola Penyakit Rematik

Campuran madu dan kayu manis adalah obat kuno yang telah digunakan untuk mengobati penyakit radang sendi, jauh sebelum munculnya obat pereda nyeri yang diresepkan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh sifat anti-inflamasi yang kuat dari kombinasi tersebut, serta tingginya jumlah antioksidan yang ditemukan di dalamnya. Dapat dikonsumsi dan dibuat menjadi pasta kental yang dioleskan secara lokal pada sendi yang terkena.

Obat Sakit Tenggorokan

Meskipun sakit tenggorokan merupakan penyakit ringan, penyakit ini menyebabkan tekanan yang tidak semestinya dan masih dapat menyebabkan hilangnya hari kerja. Madu terkenal dapat membantu meringankan iritasi dan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit tenggorokan, namun yang belum banyak diketahui adalah madu juga dapat secara efektif mengobati infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Kayu manis yang ditambahkan ke dalam campuran akan meningkatkan aksi antibakterinya, mengurangi peradangan, dan mempercepat pemulihan Anda. Daripada mengonsumsi berbagai obat pelega tenggorokan, lain kali gunakanlah campuran kayu manis dan madu yang mudah Anda temukan di dapur.

Membantu Mencegah Sembelit

Meskipun madu atau kayu manis tidak mengandung serat dalam jumlah tinggi, keduanya tetap dapat mencegah sembelit berkat tindakan menguntungkannya terhadap bakteri probiotik yang berada di usus kita.

Bakteri ini diperlukan untuk pencernaan yang baik, serta pengangkutan bahan limbah tanpa hambatan ke seluruh saluran pencernaan. Selain itu, kombinasi kayu manis dan madu juga meredakan berbagai penyakit perut termasuk gangguan pencernaan dan produksi gas berlebihan yang dapat menyebabkan kembung yang menyakitkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *