Kacang
Created by Meganusa

Manfaat Cemilan Sehat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Kacang tanah merupakan salah satu camilan yang digemari banyak orang, cara makannya yang mudah dengan dipanggang, digoreng hingga direbus, selain itu kacang tanah juga biasa digunakan untuk bumbu beberapa masakan Indonesia. Faktanya kacang tanah memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk tubuh, berikut artikel di bawah ini akan membahas mengenai manfaat cemilan sehat kacang tanah yang baik untuk tubuh.

Membantu Mengurangi Risiko Stroke

Kacang tanah sebenarnya dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena stroke. Hal ini disebabkan oleh resveratrol. Senyawa ini membantu mencegah kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh angiotensin, zat mirip hormon yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Angiotensin paling diperlukan saat tubuh mengalami dehidrasi ekstrem atau kehilangan darah, namun di saat lain hanya menjadi beban dalam menjaga tekanan darah normal. Pada saat yang sama, kacang tanah dapat membantu meningkatkan kadar oksida nitrat yang dihasilkan, membantu pembuluh darah rileks dan melebar dengan lebih mudah.

Membantu Mencegah Kanker Perut

Meskipun makanan apa pun dengan jumlah senyawa anti-oksidan yang cukup dapat berperan dalam pencegahan kanker, kacang tanah memiliki keunggulan dalam kemampuannya mengurangi risiko kanker perut.

Kacang tanah memiliki banyak senyawa yang dikenal sebagai polifenol, banyak di antaranya merupakan anti-oksidan. Yang menarik, bagaimanapun, adalah salah satu nama asam p-coumaric, suatu senyawa yang mengurangi pembentukan senyawa berbasis nitrogen beracun di perut, yang dikenal sebagai nitrosamin. Nitrosamin adalah produk sampingan umum yang dihasilkan dari konsumsi daging asap, dan merupakan bahan pokok yang terbuat dari nitrat yang banyak ditemukan pada daging yang diawetkan.

Meningkatkan Kesehatan Hati

Kacang tanah memiliki banyak khasiat bermanfaat yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung Anda. Ini termasuk lemak baik, resveratrol dan banyak mineral mikro lainnya yang memfasilitasi fungsi optimal. Dengan juga mengurangi potensi penyempitan pembuluh darah, dan membantu membersihkan kolesterol, kacang tanah sebenarnya sangat baik untuk jantung Anda, dan tidak buruk seperti yang banyak orang pikirkan tentang makanan berlemak tinggi.

Dapat Membantu Mencegah “Kesalahan” Genetik

Kesalahan genetik terkadang menjadi penyebab timbulnya penyakit. Alih-alih membentuk sel dengan cara normal, kesalahan ditempatkan pada untaian materi genetik, sehingga salinan selanjutnya menjadi tidak sempurna.

Meskipun kesalahan genetik terjadi setiap saat, dan sebagian besar tidak berbahaya, sejumlah kecil kesalahan dapat mengakibatkan perubahan negatif. Kacang tanah mengandung biotin dalam jumlah yang cukup, yang membantu mengatur ekspresi gen. Biotin sering dikonsumsi oleh penderita diabetes atau penderita penyakit neurodegeneratif dalam upaya memperlambat perkembangan dan kerusakan materi sel.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kacang tanah kaya akan vitamin E dan berbagai vitamin B yang membantu menjaga kesehatan kulit. Ditambah lagi, kandungan lemak kacang tanah membantu sel-sel kulit memperkuat membran selnya penghalang yang mencegah kehilangan air secara berlebihan.

Berkontribusi Pada Kehamilan yang Sehat

Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi umum meningkat secara signifikan, dan kebutuhan nutrisi spesifik bahkan lebih tinggi. Diantaranya adalah asam folat yang diperlukan untuk pencegahan cacat tabung saraf, menghindari spina bifida dan untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Asam folat juga bisa diperoleh dari makanan lain, namun kacang tanah menawarkan keunggulan unik yang tidak dimiliki makanan lain. Ini membantu mencegah alergi kacang. Dipercaya bahwa dengan mengenalkan kacang tanah sejak usia dini (bahkan sejak dalam kandungan), kemungkinan terjadinya alergi kacang akan berkurang secara signifikan, karena tubuh tidak mengumpulkan antigen dengan kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *