Garam
Created by Meganusa

Berikut Terdapat Manfaat Garam yang Menakjubkan bagi Kesehatan

Diposting pada

Garam telah ada selama ribuan tahun. Bisa dibilang, sudah ada sejak lama, sehingga sebagian lidah kita didedikasikan untuk mendeteksi zat ini, dan sifat evolusioner yang membutuhkan waktu ribuan tahun untuk berkembang. Tanpa memedulikan. Meskipun zat ini, yang juga dikenal sebagai natrium klorida, telah ada sejak lama, dan terus menjadi bagian penting dari pola makan kita saat ini, zat ini mendapat reputasi buruk karena konsumsi berlebihan.

Akan tetapi perlu anda ketahui apabila mengonsumsi secukupnya garam memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut artikel di bawah ini terdapat manfaat garam yang menakjubkan bagi kesehatan.

Garam Terlibat Secara Integral Dalam Pencernaan

Pada titik ini Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sebenarnya garam berkontribusi pada pencernaan, dan ini adalah poin yang valid. Namun, perlu menyelami lebih dalam untuk memahami bagaimana hal ini terjadi.

Zat utama yang memulai pencernaan di lambung adalah asam klorida (HCl), yang untuk diproduksi memerlukan adanya ion hidrogen dan klorin. Garam pada dasarnya terdiri dari ion natrium dan klorida, yang jika tertelan akan dipecah menjadi bagian-bagian penyusunnya dan digunakan kembali jika diperlukan. Meski jarang terjadi, kekurangan garam akan menghambat pencernaan sebagai efek sampingnya.

Elemen Penting Rehidrasi

Rehidrasi tidak hanya melibatkan air minum, tetapi juga garam mineral yang mengatur keseimbangan elektrolit. Ketika kita berkeringat, kita kehilangan air dan elektrolit, jadi kita harus memastikan bahwa kita melakukan rehidrasi dengan larutan ion natrium, magnesium, dan kalium yang idealnya isotonik bersama dengan air. Penggunaan air saja akan menyebabkan skenario yang dikenal sebagai keracunan air.

Diperlukan Untuk Memperlancar Pergerakan Tubuh

Mirip dengan jantung, namun lebih langsung, natrium membantu menyebarkan transmisi impuls listrik dari saraf ke otot, untuk memungkinkan kontraksi dan pergerakan. Tanpa rangsangan ini, pergerakan tidak mungkin terjadi, dan biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Inilah sebabnya mengapa anak-anak membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya, karena transmisinya masih lemah pada tahap ini.

Penting Untuk Konduksi Jantung yang Baik

Meskipun jantung mempunyai sel alat pacu jantungnya sendiri, ada hal lain di luar sel tersebut yang mengontrol fungsinya. Misalnya, ion natrium membantu dalam transmisi impuls listrik, sehingga sel-sel tersebut terstimulasi untuk mengirimkan sinyal ke sel jantung untuk berdetak. Meskipun ia berbagi tanggung jawab dengan ion kalium, pentingnya hal ini tidak dapat diabaikan.

Membantu Mencegah Defisiensi Yodium

Meskipun yodium bukan merupakan bagian dari garam, saat ini pada dasarnya yodium merupakan standar harga semua garam meja yang diproduksi untuk diperkaya dengan yodium, sehingga memecahkan masalah besar yang menimpa sebagian besar populasi dunia. Negara-negara miskin khususnya mungkin tidak memiliki kemewahan garam beryodium, dan mengalami kekurangan mineral mikro yang penting ini. Yodium berperan penting dalam metabolisme dan fungsi seluler yang sehat, juga penting bagi ibu hamil untuk memastikan kesehatan perkembangan otak bayi yang belum lahir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *