uk essay writing service

PSC

 

Latar Belakang


Gawat darurat adalah suatu keadaan di mana seseorang secara tiba-tiba dalam keadaan gawat atau akan menjadi gawat dan terancam anggota badannya dan jiwanya (akan menjadi cacat atau mati) bila tidak mendapatkan pertolongan dengan segera. Peristiwa gawat darurat ini dapat mengacu pada kejadian medis, seperti serangan jantung, serangan stroke, kecelakaan lalu lintas, dsb; maupun kejadian non medis, seperti kebakaran, bencana alam, gangguan keamanan dan ketertiban, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dsb. Ketika terjadi peristiwa gawat darurat tersebut, masyarakat umum sering tidak dapat melakukan pertolongan karena ketidaktahuan dalam cara menolong korban. Pada beberapa kasus, peristiwa gawat darurat tidak hanya membutuhkan satu komponen penolong saja (misalnya hanya petugas medis saja, petugas pemadam kebakaran saja, atau sejenisnya), melainkan lebih. Karena itulah, dibutuhkan suatu sistem yang melibatkan banyak komponen yang terintegrasi.

Saat ini, telah ada Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) untuk menangani masalah tersebut. SPGDT merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk melakukan penanganan pada penderita gawat darurat dengan melibatkan seluruh komponen dan sumber daya untuk menyelamatkan jiwa korban dan mencegah kecacatan lebih lanjut. Namun di Malang, sistem tersebut masih belum dijalankan, dan kegiatan pelaporan dan penanganan kegawatdaruratan masih dilakukan secara manual. Dalam melakukan pelaporan, pelapor harus menelepon ke call center dan menjelaskan laporan kegawatdaruratannya. Cara ini dinilai kurang efisien dan efektif karena seringkali informasi yang diproses kurang lengkap dan akurat, serta responnya lambat, sehingga penanganan kegawatdaruratannya menjadi kurang maksimal.


PSC



Solusi


Dari situlah, pihak CV. Sarana Utama Solusindo berinisiatif untuk mengembangkan suatu sistem informasi Public Safety Center berbasis website yang memungkinkan masyarakat pengguna smartphone dan komputer untuk melakukan pelaporan peristiwa kegawatdaruratan dengan lebih mudah dan akurat, serta memungkinkan pihak penanggulangan kegawatdaruratan untuk merespon dan mengelola informasi pelaporan yang masuk dengan lebih akurat dan cepat.


Tantangan


Di saat bersamaan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini semakin pesat dan luas. Salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi yang kini umum digunakan di masyarakat adalah smartphone dan komputer, yang saling terhubung dengan teknologi internet. Produk teknologi informasi tersebut mendukung pengaksesan aplikasi berbasis website maupun pertukaran data dengan mudah.